NAMA :DIMONAWENDA
NIM :151123219
MATA KULIAH :pengantar aplikasi kompiter
UNIVERSITAS WIDYMATARAM YOGYAKARTA 2016
ANALISIS PELUANG PASAR
Pengertian Analisis Pasar
Pengertian analisis peluang pasar
adalah suatu kenyataan yang harus di hadapi
oleh organisasi dimana mereka
hidup di bawah tekanan perubahan .perubahan yang diakibatkan oleh
kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan telah berimplikasi pada semakain
beranekaragamanya kebutuhan dan tuntutan hidup setiap individu. Setiap
organisasi hidup di bawah pengaruh perkembangan budaya yang dicapai oleh
masyarakat di sekitarnya serta fakto-faktor eksternal lainnya ; seperti kondisi
ekonomi , situasi politik, keyakinan dan nilai dan serta norma yang di
anut masyarakat.keadaan yang terjadi di
luar organisasi tersebut ada yang bisa dikendalikan oleh perusahaan dan ada
juga bahkan pada umumnya merupakan keadaan atau factor yang tidak bisa
dikendalikan .
Boone dan Kurtz (1987) menegaskan
hal yang sama bahwa analisis peluang pasar sangat berguna menyediakan fondasi
bagi kepentingan perencanaan dan strategi pemasaran. Para manajer dipandang
perlu megevaluasi situasi lingkungan, tempat dimana mereka mencurakan aktivitas pemasarannya, dan
megestimasi pengaruh-pengaruh lingkugan yang mungkin timbul pada masa yang akan
datang pada para konsumen. Mempertimbangkan trend masyarakat pada masa yang
mendatang akan mengilhami munculnya ide dan strategi baru, sehingga hal
tersebut merupakan tindakan yang lebih baik karena ia dapat bertindak sebagai
pioner daripada sekedar bereaksi terhadap perubahan yang sedang berlangsung.
Lingkungan beserta arus peruahannya mesti dimonitor dan di evaluasi secara
hati-hati, potensi peluang (kesempatan) dan masalah yang mungkin muncul mesti
diidentivikasi, sebelum suatu organisasi mengembangkan rencana pemasaran.
Di dalam mengidentivikasi dan
mengevaluasi peluang terdapat dua hal pokok yang harus di cermati yaitu (1)
kekuatan dan kelemahan, dan (2) kesesuaian antara peluang dengan kemampuan
organisasi.
Kekuatan dan
kelemahan.
Moa, juga, akan
mampu meyediakan informasi yang berharga bagi para pesaing (competitors) dan
para pendatang /pesaing baru, serta perbandingan kekuatan dan kelemahan mereka
seara relatif dengan organisasi milik kita.
Tanggung jawab
menejer
Factor penting dalam keberhasilan
atau kegagalan dari strategi pemesaran adalah apakah elemen strategi pemasaran
tesebut konsisten dengan realita dari lingkungan eksternal perusahaan. Langka
awal dalam mengembangkan rencana pemasaran strategis adalah memantau dan
menganalisis peluang serta tantangan yang ditimbulkan oleh factor-faktor luar
perusahaan.
Adapun tanggung
jawab dari manajer perusahaan:
·
Analisis
lingkungan dan pesaing
Untuk memahami
peluang dan tantangan potensial dan jangka panjang, pemasaran pertama-tama harus
memantau dan menganalisis trend yang luas dalam lingkungan ekonomi dan sosial.
·
Dinamika
industri dan perubahan strategi
Dinamika persaingan
dari industry terutama menekankan bagaimana pola persaingan dari pembelian
konsumen cendrung untuk berubah ketika industri atau produk bergerak melalui
berbagai tahap daur hidup.
·
Analisis
pelanggan
Untuk mendukung dan
mendorong transaksi pertukaran dengan pelangan potensial
·
Riset
pemasaran dan pengukuran pasar
Untuk membuat
keputusan-keputusan tantang unsur-unsur program seperti berapa harga yang
ditetapkan dan media iklan untuk digunakan.
·
Keputusan
sekmentasi pasar dan penetapan pasar sasaran serta penentuan posisi pasar.
Perbedaan-perbedaan
dalam strategi ini menggambarkan pentingnya segmentasi pasar dan kesulitan
dalam memutuskan bagaimana cara terbaik mendefenisikan segmen-segmen di dalam
pasar tertentu .
Setelah segmen
pasar dan menelaah kebutuhan pelanggan serta kekuatan dan kelemahan pesaing di
dalam segmen-segmen manejer memutuskan segmen-segmen mana untuk menunjukan
peluang menarik dan layak bagi perusahaan.
Tujuan Analisis Pasar
Nanalisis peluang pasar adalah suatu
penganalisasian atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar.
Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifat pasar dan
karakteristik pasar. Kebrhasilan perusahaan uasah dapat di tentukan oleh
ketepatan strategi pemasaran yang di terapkannya dengan analisis pasar
keberhasilan usaha strategi pemasaran yang diterapkannya dasar memperhatikan situasi
dan kondisi dari analisis pasarnya.didalam menganalisis pasar, perusahaan perlu
meninjau jenis pasar produknya, motif dan perilaku, segmen pasar dan penentuan
sasaran pasarnya. Masalah yang perlu di analisis dalam pasar adalah besarnya
pasar, ruang lingkup pasar, struktur pasar, share pasar, serta peluang-peluang
pasar. Mengenai besarnya pasar dapat ditentukan oleh besarnya permintaan dan
penawaran terhadap barang atau jasa yang di butuhkan para konsumen. Sedangkan
mengenai ruang lingkup pasar biasanya mencakup luasnya pasar misalnya luas
pasar menurut geografis, pendidikan para konsumen, profesi para konsumen,
tingkat umur para konsumen, dan lain sebagainya.
Struktur pasar adalah susunan suatu
kekuatan yang terdapat pada penjual, maupun pada pihak pembeli sendiri. Didalam analisis pasar selalu
menyangkut masalah letak (lokasi) pasar, perikanan, luasnya pasar, sifat-sifat
pasar, karakteristik pasar. `
Tujuan analisis
pasar yaitu:
1)
Mengenal
lingkungan pasar
2)
Mengenal
tipe-tipe pasar
3)
Megetahui
karakteristik pasar
4)
Menentukan
keputusan yang tepat
5)
Menghadapai
para pesaing
6)
Melaksanakan
kebijaksanaan dalam pemasaran
7)
Membuat
program dalam bidang pemasaran dan
8)
Mengenal
ciri-ciri pasar.
Adapun permasalahan
di dalam ruang lingkup analisis pasar antaralain, yaitu:
·
Barang
dan jasa yang di pasarkan
Barang-barang dan
jasa yang di produksi oleh perusahaan, berdasarkan analisis pasar yaitu:
a.jenis dan sifat
barang
b.kualitas dan
kualitas barang,
c.warna dan ukuran
barang,
d.desain dan model
barang,
e.merek dan harga
barang
·
Tujuan
Analisis
Tujuan mengadakan
analisis pasar adalah ingin mengetahui siapa-siapa yang memakai, mengunakan
barang dan jasa, apakah barang tersebut untuk di konsumsisendiri atau di jual
kembali.
·
Letak
pasar sifat dan karakteristik pasar seorang manajer pemasaran haris mengetahui
k tentang letak pasar, berikut sifat dan karakteristik yank akan dituju.
·
Organisasi
pembelian
·
Kegiatan
pembelian
·
Perkembangan
pembelian didalam analisis pasar perusahaan harus mengetahui bagaimana
perkembangan hargannya barang, bagaimana persediaan barang, bagaimana keadaan
permintaan dan penawaran.
·
Saingan
perusahaan
Keuntungan perusahaan melakukan analisis didalam rangka mengiatkan
penjualan barang-barang adalah sebagai berikut
:
Ø Perusahaan akan dapat meningkatkan omzet penjualan barangnya.
Ø Perusahaan dapat meningkatkan produksinya.
Ø Efisien modal perusahaan dapat ditingkatkan
Ø Piutang-piutang perusahaan waktunya dapat di
perpendek
Ø Barang-barang perusahaan yang bersangkutan
akan menjadi terkenal
Ø Hasil produksi perusahaan yang bersangkutan
sangat digemari konsumen
Ø Perusahaan akan mempetahankan kelangsungan
hidupny
Tingkat frekuensi
para konsumen atau para pembeli didalam membeli suatu barang di tandai dengan
sering tidaknya membeli barang dan tergantung kepada tigkat konsumsinya barang
tersebut.
Organisasi pembelian
Seorang manajer
pemasaran harus mengetahui siapa yang membeli barang, siapa yang menggunakan
barang, siapa yang paling berpengaruh dalampembelian barang dsb.
Perkembangan pembelian
Didalam analisis pasar
perusahaan harus mengetahui bagaimana perkembangan hanga barang, bagaimana
persediaan barang,bagaimana keadaan persaingannya,bagaimana keadaan permintaan
dan penawarannya.
Saingan perusahaan
Di dalam analisis
pasar,perusahaan harus mengetahui keadaan persaingannya, apakah ada melakukan
tindakan mengejutkan atau adakah saingan yang tidak sehat. Pada kenyataannya
jika hasil produk tidak sesuai dengan keinginan dan kebuetuhan para konsumen,
berarti perusahaan yang bersangkutan mengalami kegagalan dalam usahanya.
Suatu barang betapapun
manfaat atau berguna, ada kemungkinana tidak akan dibeli jika barang tersebut
tidak di kenal oleh para konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus cepat
mempromosikan barang-barang yyang dibuatnya agar dapat mempengaruhi para
konsumen,,serta agar dapat menciptakan permintaan.
Pasar dapat pula
diartikan sebagai kelompok orang- orang yang di organisasikan untuk melakukan
tawar menawar(dan melakukan tempat bagi penawaran dan permintaan)sehingga
dengan demikian terbentuk harga .
Pengertian pemasaran tidak lain dari pada suatu proses perpindahan
barangatau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Tujuan
Untuk mengembangkan dan
menerapkan sebuah strategi produk yang dapat memenuhi permintaan pasar dengan
keungulan bersaing.
Strategi produk dapat memfokuskn diri pada pengembangan bersaing
melalui:
1. Perbedaan produk
2. Biaya rendah
3. Respons cepat atau perpaduan dari ketiganya.
Keputusan produk mempengaruhi: biaya peralatan modal, desain tata
letak,kebutuhan ruang,keahlian tenaga kerja,bahan mentah,dan proses yang di
gunakan
Peluang Munculnya Produk Baru
Kegiatan seleksi, pencarian manfaat, dan desain produk terjadi secara
terus menerus karena adanya peluang hadirnya produk baru.
Pengertian analisis peluang pasar menurut
beberapa ahli yaitu sebagai berikut:
Pengertian peluang pasar menurut
kotler (1997) adalah sebagai berikut: peluang pasar adalah suatu bidang
kebutuhan pembeli dimana perusahaan
dapat beroperasi secara mengeuntungkan
Sedangkan pearce
dan robinson (2000)memberikan pengertian peluang pasar, pasar adalah situasi
pentimg yang paling menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Perusahaan harus
berhati-hati dalam menganalisis
lingkungannya sehingga dapat menghindari
ancaman dan mengambil mafaat dari
peluang. Untuk meningkatkan volume penjalualan dan merebut pangsa pasar yang
besar, maka perrusahaan harus menggunakan kebujaksanaan- kebijaksaan yang tepat
untukk memasuki peluang pasar yang ada.
Ada 5 faktor yang mempengaruhi peluang pasar yaitu:
1. Perubahan ekonomi (resesi, pendapatan naik)
2. Perubahan sosiologi dan demografi(turunnya
jumlah anak)
3. Perubahan teknologi(computer hp)
4. Perubahan politik(pajak, peraturan-peraturan
baru)
5. Perubahan lain seperti pemasok, (penyalur,
dinamuka pasar)
Factor-faktor target pasar
Dalam pelaksanaan ada
beberapa factor yang dapat pempengaruhi pelaksanaan target pasar,baik
kesuksesan pelaksanaannya maupun justru menghambarnya. Factor-faktor yang dapat
mempengaruhi pelaksanaan target pasar tersebut yakni:
1. Analisis situasi
2. Sasaran pemasaran
3. Sumber daya perusahaan
4. Mengembangkan sumber daya
5. Factor luar
6. Strategi pemasaran
Analisis peluang pasar
merupakan proses riset terhadap factor-faktor lingkungan ekstern yang
mempengaruhi kegiatan ausaha tersebut. Lingkungan ekstern merupakan kekuatan
yang tidak dapat dikendalikan, sehingga
perusahaan harus menyesuaikan diri, dan juaga menghasilkan ancaman dan
peluang. Perusahaan harus berhati- hati dalam menganalisis lingkungannya
sehingga dapat menghindari ancaman dan mengambil manfaat dari peluang.
Untuk meningkatkan
volume penjualan dan merebut pangsa
pasar yang besar. Maka perusahaan harus mengunakan kebijaksanaan-kebijaksanaan
yang tepat untuk memasuki peluang pasar yang ada. Adapun dasar-dasar untuk
membuat segmentasi pasar adalah sebagai berikut:
1. Segmentasi geografi
Segmentasi geografi ini mengharuskan pembagian pasar menjadi unit-unit
geografis yang berbeda seperti Negara, Negara bagian, wilayah, provinsi, kota
atau lingkungan rumah tangga.
2. Segmentasi demografis
Yaitu dilakukan dengan cara pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok
berdasarkan variable-variabel.
3. Segmentasi psikografis
Segmentasi ini di lakukan dengan mengelompokan pembeli yang berbeda
berdasarkan gaya hidup atau kepribadian akan nilai.
4. Segmentasi perilaku
Dalam segmentasi perilaku pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan
pengetahuan,sikap, pemakaian, atau tanggapan mereka terhadap suatu produk dan
membaca peluang pasar.
Membaca peluang pasar
sangat penting yang wajib bagi seorang pengusaha. Membaca peluang pasar tidak
hanya bagi pengusaha yang ingin memulai usaha, namun sebagai dasar kita
bergelut di dunia bisnis.
Sebelum memulai bisnis anda juga harus mempertimbangkan hal-hal penting dalam memulai bisnis.seperti:
1. Jenis usaha
2. Jenis produk
3. Target konsumen
4. Lingkungan
5. Legalitas
6. Risiko kecil
7. Modal
Gagasan bahwa peluang bisnis dapat di peroleh
dari hal-hal seperti ini:
1.
Cita-cita
Jika anda ingin menjadi pengusaha yang kuat,maka anda akan meliahat
peluangdi hampir semua bidang. Hampir setiap apa yang di lihat, adalah peluang
bisnis.
2.
Tekanan
Ketika seorang menghadapi tekanan dari banyak ide yang muncul.
3.
Tren
pasar
Menghemati kebutuhan konsumen di pasar dapat menimbulkan peluang bisnis.
Sebagai contoh berapa orang akan belanja tren langsung ke pabrik dengan harga
murah. Jadi bermunculah factory outlet di mana-mana. Dengan berbagai promosi
barang FO menawarkan dengan harga murah dengan kualitas barang yang dapat
dijamin.
4.
New
inovasi
Gagasan untuk
menciptakan produk baru timbul karena kebutuhan, sementara produk tersebut
belum ada di pasaran. Jika kita berhasil menciptkan produk dan kebutuhan
pelanggan sehingga kita bisa menjadi master pertama dan bisnis (pemimpin).
Tentunya kita mendapat keuntungan yang cepat, namun jangan terlenah biasanya
pesaing kita menargetkan dengan membuat bisnis yang saman dengan kami
(penantang dan pengikut).
5.
Komplemen
dari produk yang ada
Sebuah produk dapat memberikan peluang bisnis dengan membuat produk yang
lengkap biasanya dalam bentuk aksesoris.
6.
Wawasan
Orang yang cakrawala yang luas, interaksi yang luas dan ia mau berfikir,
maka akan menemukan peluang bisnis, misalnya seorang yang melihat bisnis yang
melaukan di luar negeri dan tidak di Negara ini, adalah cara yang bagus untuk
mendapatkan peluang bisnis dll.
Berikut adalah tips tentang cara untuk menggambil keuntungan dari
peluang bisnis:
1. Melakukan riset pasar
2. Mempersiapkan dan merencanakan
3. Mematuhi aturan
4. Strategi pemasara yang tepat pada sasaran
5. Perencanaan Riset Pasar
pengertian riset pasar
dan tujuan –riset pasar adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis sebab
dengan riset pasar akan di ketahui apa saja yang di perlukan pasar atau
masyarakat dan juga mengetahui para pesaing bisnis. Dengan di ketahui apa saja
yang dibutuhkan oleh pasar dan juga pesaing yang dapat membuat produk ataupun
jasa yang sesuai dengan pasar dan dapat membuat produk atau jasa dapat bersaing
di pasaran.Dengan riset pasar dapat di ketahui pula siapa saja yang membutuhkan
produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa tersebut di butukan,
dan kualitas produk seperti apa yang di butuhkan para konsumen.Dan dapat juga
diketahui seberapa besar permintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan
tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun dari konsumen. Sehingga
akan mempermuda saat merencanakan strategi bisnis dan dapat menghasilkan
keuntungan yang besar atau optimal. Bisa dibilang riset pasar adalah otak dalam
bisnis, sebab inilah yang menentukan kemanah langkah strategi dalam bisnis.
itulah definisi riset pasar dan tujuan.
Jenis-Jenis Riset Pasar
Dari hasil riset pasar tersebut kamu dapat menggunakannya untuk
menciptakan sebuah usaha dan juga rencana pemasaran atau mengukur kesuksesan
rencana bisnis yang telah disusun. Perlu di ketahui terdapat nenerapa
jenis-jenis riset pasar,diantaranya sebagai berikut:
1.Riset primer
Riset primer adalah riset yang bertujuan mengumpulkan informasi atau
data yang berasl dari analisis penjualan terkini dan efektifitas yang sedang
dipraktekan sekarang.riset ini memberikan informasi mengenai pesaing kamu.
Cara dalam melakukan riset:
·
Dengan
interview wawancara baik langsung (bertatap muka) atau tidak langsung melalui
(telepon).
·
Dengan
survey.
·
Kuesioner(online/surat)
·
Diskusi
kelompok untuk mengumpulkan sampel konsumen atau pelanggan pelanggan potensial
dan mendapatkan umpan balik yang dari mereka.
2.Riset skunder
Riset skunder adalah riset yang bertujuan untuk menganalisis data yang
sudah di terbitkan. Dengan data skunder kamu dapat menentukan pesaing,
membangun tolak ukur lalu menidentifikasi degmen sasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar